Unsur-Unsur Website

Berikut adalah unsur-unsur yang ada dalam sebuah Website :

1. Nama Domain

Adalah alamat unik di dunia maya (internet) yang berguna untuk menemukan sebuah website. Umumnya URL ini diperjualbelikan dengan sistem sewa tahunan. Dan biasanya di belakang URL ini mepunyai akhiran sesuai dengan lokasi dan kepentingan atas dibuatnya website tersebut. Contohnya :
.org   untuk organisasi
.co.id untuk pendidikan
.com untuk perusahaan

 

2. Web Hosting (Rumah Tempat Website)

Web Hosting merupakan ruangan yang terdapat dalam harddisk sebagai tempat penyimpanan data, file, video, email, database, dan lain-lain yang nantinya akan ditampilkan di dalam website tersebut.

 

3. Bahasa Program (Scripts Program)

Bahasa Program merupakan bahasa yang digunakan untuk menterjemahkan setiap perintah pada saat website tersebut sedang dijalankan. Contoh dari bahasa program, yakni Java Script, XML, JSP, HTML, PHP, dan lain-lain.

 

4. Desain Website

Desain website merupakan hal yang penting. Faktor kenyamanan pengunjung harus diterapkan dalam membangun sebuah web. Oleh karena itu, web yang dibangun semestinya memiliki desain menarik yang memiliki karakteristik unik yang membedakannya dengan web yang lain. Di samping itu, desain yang dibangun semestinya dapat membantu pelanggan untuk menemukan informasi dan mudah mengaksesnya. Kunci penting lainnya adalah memastikan bahwa informasi kontak dan panduan bantuan ditampilkan serta kontennya disampaikan dengan jelas dan singkat.

 

5. Program Transfer Data ke Pusat Data

FTP (File Transfer Protocol) merupakan akses yang diberikan pada saat kita memesan web hosting, FTP berguna untuk memindahkan file-file website yang ada pada komputer kita ke pusat web hosting agar dapat terakses ke seluruh dunia.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *