Jenis-Jenis Website

Berikut adalah beberapa jenis website berdasarkan fungsi dan kegunaannya :

1. Website Company Profile

Meskipun banyak website company profile dibuat dengan website statis, namun seiring perkembangan zaman, website company profile sekarang ini sudah beralih dari asalnya statis menjadi website dinamis. Mengapa website company profile dibuat dinamis? Salah satu alasannya adalah supaya data informasi bisa diubah seketika, tidak perlu menghire/menyuruh seorang web programmer untuk mengupdate informasinya. Selain itu, sekarang ini website company profile sudah terhubung ke berbagai situs lain seperti jejaring sosial, sehingga website tersebut menjadi lebih banyak diakses dan akan lebih mudah diketahui publik.

 

2. Website Portal

Website jenis ini merupakan jenis website yang menyediakan link ke website lainnya. Dengan kata lain website ini merupakan website yang isinya merupakan informasi link ke website lainnya, link-link tersebut sudah termanajemen dengan baik sehingga memudahkan pengunjung mencari link ke situs lainnya. Fungsinya hampir sama dengan website mesin pencari, namun ruang lingkupnya lebih sempit.

 

3. Website Blog

Fungsi blog sebetulnya adalah tempat si pemilik blog menuangkan ide tulisan dalam bentuk artikel yang dipublikasikan di internet. Atau bisa juga merupakan catatan buku harian, pengalaman si pemilik blog. Selain itu, blog juga bisa digunakan sebagai media untuk menyampaikan tutorial terhadap suatu metode atau jalan keluar suatu permasalahan.

 

4. Website Networking

Pengertian networking di sini adalah jaringan, sama halnya dengan menciptakan “kenalan” di dunia nyata, hanya medianya adalah online. Situs seperti ini sekarang sedang marak digunakan oleh sebagian besar pengguna internet. Fungsi dari website jenis ini adalah untuk membentuk komunitas, koneksi atau kenalan di dunia nyata, tanpa terbatas oleh ruang maupun waktu.

 

5. Website Forum

Website forum merupakan website yang berfungsi untuk mendiskusikan suatu permasalah. Atau bisa juga digunakan untuk memposting suatu metode atau tata cara terhadap penyelesaian suatu masalah. Website seperti ini banyak digunakan pengguna internet saat ini, selain untuk memcari/menyebarkan informasi, website jenis ini juga kadang digunakan untuk berniaga kepada para pengguna forum tersebut.

 

6. Website Berita

Sesuai dengan judulnya, website ini bertujuan untuk menyampaikan informasi secara cepat dan akurat. Informasi/berita yang disampaikan bisa sangat beragam, di antaranya politik, pendidikan, otomotif bahkan sampai gosip.

 

7. Website galeri

Fungsi utama dari website jenis ini adalah sebagai media penyimpanan file berupa gambar di internet. Apa kelebihan dengan menyimpan file gambar milik kita di Internet? Tentu saja karena kita bisa membagikan link foto galeri kita ke user lain di Internet.

 

8. Website e-Commerce

e-Commerce atau perdagangan online merupakan website yang menyediakan informasi mengenai barang atau jasa secara online. Website jenis ini merupakan representasi dari cara penjualan secara real dan dituangkan dalam bentuk online. Kelebihan dari website jenis ini yaitu pemilik website mempunyai cakupan pasar yang luas, bahkan global.

 

9. Website e-Learning

e-Learning merupakan kepanjangan dari electronic learning, jika dialih bahasakan pengertiannya adalah proses belajar melalui media elektronik. Media elektronik di sini adalah konten pembelajaran yang ada di website, jadi fungsi website tersebut menyimpan materi maupun bahan pembelajaran secara online. Pengguna bisa mengakses materi/informasi tersebut kapan saja dan dimana saja.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *